Konsep Pengukuran Elektronik dengan Multitester

- November 16, 2018
Pengetahuan yang diperlukan dalam Menyusun/merangkai peralatan/ instrument sesuai rangkaian pengukuran standard. Konsep merangkai peralatan sesuai rangkaian pengukuran standard Sebelum menggunakan peralatan/instrumen dalam suatu pengukuran, Saudara diharapkan memiliki konsep merangkai peralatan sesuai dengan rangkaian pengukuran dengan multitester. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan saat melakukan pengukuran.

Konsep mengukur dengan menggunakan multimeter terlihat seperti gambar di bawah ini.

Pengetahuan yang diperlukan dalam Menyusun/merangkai peralatan/ instrument sesuai rangkaian pengukuran standard
Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa :

  1. Untuk mengukur arus, maka multimeter dipasang secara seri dengan peralatan yang akan diukur. Probe + multimeter disambungkan ke sumber arus dan probe – disambungkan ke beban. Selanjutnya beban disambungkan ke terminal – dari sumber arus. 
  2. Untuk mengukur tegangan DC, multimeter dipasang paralel dengan sumber tegangan. Perhatikan probe multimeter agar tidak terbalik saat melakukan pengukuran. Probe + disambungkan ke terminal + dari sumber tegangan dan probe – disambungkan ke terminal – sumber tegangan.
  3. Untuk mengukur tegangan AC, multimeter dipasang paralel dengan sumber tegangan AC. Polaritas probe multimeter tidak berpengaruh sehingga tidak masalah jika terbalik. 
  4. Untuk mengukur resistansi, multimeter dihubungkan langsung ke resistor yang akan diukur dan polaritas probe multimeter dapat diabaikan.
 

Start typing and press Enter to search