Prinsip Dasar Campuran Warna RGB pada Televisi

- Januari 02, 2024

Reproduksi Warna Gambar

Pada rangkaian ini berfungsi untuk memperkuat sinyal-sinyal gambar yang dihasilkan olehrangkaian penerima gambar dan suara agar mampu sinyal informasi gambar dapat lewat ketabung gambar. Rangkaian regenerasi warna ini juga sering disebut rangkaian penguat RGB.
Prinsip Dasar Campuran Warna RGB pada Televisi
Warna dasar yang digunakan oleh monitor komputer atau TV untuk memancarkan cahaya ke mata kita. Berarti Jika Anda melihat warna putih pada layar Anda Anda sekarang, maka yang akan kita lihat adalah gabungan dari warna merah, hijau, dan biru. Jika kita akan memperbaiki televisi yang ada bagian khusus yang disebut RGB adalah blok layar. Bagian ini terdiri dari bagian-bagian yang besar yaitu IC pengolah warna RGB pada papan PCB dan bagian-bagian dari tabung TV yang berisi transistor sebanyak 3 transistor.

Peran RGB mengolah warna pada tabung yaitu warna Merah, Hijau, Biru jika salah satu warna tidak bekerja atau ada kerusakan pada pengolah warna maka akan hilang beberapa warna yang tidak ada pada gambar karena hasil dari warna yang berbeda. bagian atau hasil dari tiga bagian yang dapat digunakan sebagai warna dengan warna yang sama dengan sinyal dari pemutar, pemutar CD, pemutar DVD, dll.

Kombinasi warna RGB di televisi penerima akan tampilan warna yang menerima informasi sebagai sinyal video yang akan dapat ditampilkan pada display komposit seperti alat penerima televisi rumah. Monitor ini sering disebut monitor RGB untuk wana-warna cahaya primer sekunder merupakan warna pokok dalam RGB. Cyan merupakan kombinasi sinyal video biru dan hijau, dan tampak biru kehijauan.

Penguat Video, Rangkaian penguat video atau yng lazimnya disebut dengan rangkaianRGB Out rangkaian ini mempunyai fungsi utama untuk memperkuat sinyal video yangterbentuk dari komposisi warna, agar dapat diteruskan ke masing-masing katoda warna pada Tabung CRT.Pada rangkaian penguat video juga terdapat rangkaian ABL (Automatic Brightnees Level) atau pengatur kuat cahaya otomatis yang berfungsi untuk melindungi rangkaian tegangantinggi dari tegangan muatan lebih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca.
This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search